Cerita Warisan Nusantara Gelar Kompetisi Foto Daring Kebaya dan Kain Tradisional

Cerita Warisan Nusantara
Tema : Aku dan Kain
.
Kain tenun Pa’tannun Toraja yang saya gunakan ini merupakan hasil karya warga Luwu Timur yang sedang kami kembangkan sebagai bentuk pelestarian budaya Indonesia, khususnya di sulawesi selatan. Yang mana penenunnya telah meninggalkan Toraja dan bermigrasi untuk hidup di Luwu Timur secara turun temurun. Dengan melakukan asimilasi budaya, mereka menciptakan sebuah karya baru yang dapat menambah kekayaan karya Indonesia.


.
Corak tenunan berwarna kuning kunyit ini sengaja saya pilih karena warna kuning kunyit melambangkan kekayaan dan kesuburan. Dengan kain ini, saya ingin bercerita tentang kekayaan Luwu Timur dalam keberagaman budaya dan kearifan lokalnya sehingga kabupaten kami disebut Indonesia mini.
.
Salah satu pertanda keberagaman masyarakat Luwu Timur bahwa kain hasil tenunan yang dibuat baik bahan maupun motifnya mudah dipadu dengan bahan apa saja.
.
Saat ini sesuai gambar/foto yang terkirim kain tersebut dipadu dengan sutra polos berwarna merah marun yang digunakan langsung oleh ketua Dekranasda Kabupaten Luwu Timur.
.
Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggelar program Cerita Wastra Tingkat Provinsi. Cerita Wastra merupakan kegiatan dalam rangka memperkenalkan wastra (kain tradisional) yang sarat akan makna budaya nusantara, dalam bentuk kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional.

.
#diskopsulsel
#dinasperdagangansulsel
#disperin_sulselprov
#dekranasdasulsel_produk
#ceritawastra
.
follow, mention dan tag Instagram @diskopsulsel dan @dekranasdasulsel_produk
.
Mohon di LIKE dan SHARE...

Kontak

  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  0474 321005
  Jl. Soekarno Hatta Puncak Indah, Malili

Kunjungi Sosial Media