Tenaga Arsip OPD dan Desa Dibekali Bimtek Pengelolaan Arsip Dinamis

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Luwu Timur melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) Pengelolaan Arsip Dinamis OPD dan Desa. Bimtek ini dibuka langsung oleh Bupati Luwu Timur, H. Budiman, di Aula Hotel Sikumbang Kecamatan Tomoni, Rabu (13/10/2021).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Luwu Timur, Satri mengatakan, Bimtek ini bertujuan agar terlaksananya penciptaan, penggunaan dan pemeliharaan arsip dinamis secara efisien dan efektif.

“Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan selama dua hari, 13-14 Oktober 2021 dengan jumlah peserta 44 orang yang terdiri dari 22 orang perwakilan OPD dan 22 orang perwakilan Desa dengan narasumber para arsiparis dari Dinas Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan,” jelasnya.

Lanjut Satri, dari sisi penyerahan laporan pengawasan internal terkait pengawasan arsip tahun 2019, Luwu Timur mendapatkan penghargaan dari ANRI kategori baik, kemudian tahun 2020 meraih penghargaan sangat baik.

“Semoga penilaian tahun 2021 ini menjadi lebih baik lagi,” harapnya.

Bupati Luwu Timur, H. Budiman dalam sambutannya mengingatkan kepada seluruh peserta agar serius mengikuti Bimtek ini. Pasalnya, kata Budiman, Arsip itu penting sehingga perlu dilakukan pelatihan agar pengelolaan arsip dapat dilakukan dengan baik dan benar.

“Arsip itu harus dikelola dengan baik dan benar, sehingga jika dibutuhkan kembali, mudah didapatkan. Kalau kita punya ilmunya, maka kita tentu lebih memahami. Olehnya itu, saya harapkan seluruh peserta memanfaatkan Bimtek ini untuk berdiskusi dengan narasumber sehingga pengelolaan arsip bisa lebih baik lagi kedepannya,” jelas Budiman.

Ia juga mengingatkan terkait pentingnya menerapkan protokol kesehatan. “Meski sudah berada di level dua, tetap saya ingatkan kita semua tetap patuhi protokol kesehatan. Penurunan level ini tidak lepas dari sinergitas dan kolaborasi seluruh elemen masyarakat termasuk TNI/ Polri,” pesan Bupati.

Acara pembukaan Bimtek ini juga dihadiri Anggota DPRD, Leonar Bongga, Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, dr. April, Staf Ahli Ekonomi dan Keuangan, Muharif, Setwan, Rapiuddin Thahir. Sementara Narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Ikbal Natsir dan Tim.

Pada acara Bimtek itu juga diserahkan beberapa penghargaan diantaranya kategori pemenang lomba tertib arsip dinamis tingkat OPD diraih juara pertama Kecamatan Wotu, Kedua Dinas Kesehatan dan Ketiga Sekretariat DPRD. Kemudian kategori tertib arsip tingkat desa, juara pertama Desa Wasuponda, Kedua Desa Wanasari, Desa Tarengge dan Keempat Desa Bayondo.

Kemudian pemenang lomba perpustakaan Desa/Kelurahan diraih Juara Pertama Desa Sorowako, Kedua Desa Balantang, Ketiga Desa Sumber Makmur, Keempat Desa Mulyasri, Kelima Desa Kalpataru dan Keenam, Desa Pekaloa. 

 

 

Kontak

  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  0474 321005
  Jl. Soekarno Hatta Puncak Indah, Malili

Kunjungi Sosial Media