Hari Pertama Expo Harkopnas, Produk Kabupaten Luwu Timur Laku Keras

Hari pertama digelarnya Pameran Expo dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke 74 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2021 di Kabupaten Sinjai, produk-produk pameran Luwu Timur laku keras.

Hingga malam hari, sebanyak 47 produk baik makanan maupun kerajinan yang dimiliki Luwu Timur dari berbagai jenis begitu diminati oleh para pengunjung.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dagkop UKM) Kabupaten Luwu Timur, Dra. Rosmiyati Alwy mengucap syukur karena banyak produk olahan makanan yang di pamerkan sangat diminati para pengunjung.

Rosmiyati mengungkapkan, olahan pangan yang sangat diminati pengunjung dan banyak laku ialah tenteng kacang yang di bungkus maupun yang ditoples. Selain itu, keripik pisang dan nangka juga banyak terjual.

“Alhamdulillah, ini baru hari pertama, semoga di puncak acara besok (Sabtu, 11 Desember 2021) lebih banyak lagi yang laku,” ujarnya.

Terakhir, Kadis Dagkop UKM Lutim, Rosmiyati Alwi juga menjelaskan bahwa, Expo merupakan salah satu bentuk Pemasaran Produk Potensi-potensi yang dimiliki daerah. “Kabupaten Luwu Timur pun dalam transformasi digital telah melahirkan Aplikasi “Balu’ta” dengan model pemasaran secara online untuk membantu para UMKM di Kabupaten Luwu Timur,” tandas Rosmiyati.

Sementara salah satu pengunjung yang merupakan warga asli Kabupaten Sinjai, Hasma mengungkapkan alasannya kenapa lebih tertarik berkunjung ke stand Luwu Timur.

Ia mengatakan bahwa telah mendapatkan info dari kakaknya yang sebelumnya telah membeli salah satu produk dari Luwu Timur, menurutnya di stand Lutim lebih menarik dan harga produknya juga terjangkau.

“Secara keseluruhan produk-produknya sangat menarik dan banyak kreasi-kreasi dari bahan alam. Sementara untuk beras organiknya sangat bagus sekali dan tentu saja pasti lebih menyehatkan jika di konsumsi,” puji wanita yang membeli 1 kg beras merah organik, 2 bungkus bolu cukke dan 1 bungkus stik rumput laut.

Sekedar info, Produk yang dipamerkan oleh Kabupaten Luwu Timur pada pameran expo Harkopnas 74 yang dipusatkan di Lapangan Sinjai Bersatu ini ada 2 jenis yakni produk makanan dan kerajinan.

Produk makanan diantaranya Lada bubuk dan biji baik yang hitam maupun putih, Abon ikan teri zaky dan abon ikan tuna, Terasi udang ebi Malili, kerupuk kertas rumput laut, keripik nangka, crispy ikan pangkilang, kripik pisang kuporai.

Selain itu, ada juga kacang sembunyi, bolu cukke nabila, sambal pedas kiboy’z, sambal pangkilang, teng-teng kacang, bawang merah kuporai dan Matano Rice yang merupakan beras organik.

Untuk produk kerajinan yakni anyaman yang terbuat dari enceng gondok, dan anyaman teduhu yang berbahan dasar dari pakis hutan.

Pada kegiatan ini, Disdagkop UKM Lutim sebagai leading sektor utama tidak sendiri, namun juga memboyong beberapa dinas lain, diantaranya Dinas Pariwisata, Dinas Kelautan, Dinas Transnakerin, Dinas Kominfo, Dinas PMPTSP, dan Dinas Pertanian.

Selain Dinas, Disdagkop UKM juga memboyong beberapa Koperasi yang ada di Kabupaten Luwu Timur untuk ikut berpartisipasi, mereka ialah Koperasi Karyawan Vale Indonesia (KKVI), Koperasi Rahmat Mandiri, Koperasi Agro Mandiri Utama, Dewan Koperasi Nasional Daerah, Koperasi PN Guru Wotu/Burau, dan Koperasi Pusat Niaga Malili.

 

Kontak

  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  0474 321005
  Jl. Soekarno Hatta Puncak Indah, Malili

Kunjungi Sosial Media